Akses Jarak Jauh Peladen CUPS

Sering kali kita dihadapkan pada permasalahan atau layanan jarak jauh kepada rekanan kita, namun hal ini tidak menjadi masalah jika kita sudah mempersiapkan infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan, khususnya pada komputer yang berbasis BlankOn / Linux pada umumnya.

BIT Inti Teknologi yang merupakan perusahaan yang juga membuka layanan support sudah mempunyai metode dengan mempersiapkan layanan VPN client sehingga memudahkan dalam memberikan support secara jarak jauh (remote).

Namun bagaimana jika hendak melakukan pemasangan penggerak printer secara jarak jauh ? biasanya client TookOn POS membutuhkan ini.
Seperti kita ketahui, lazimnya peladen CUPS untuk mencetak memang biasanya dilakukan secara lokal / lewat localhost:631 diakses melalui peramban internet anda.
Namun hal ini tidak menjadi mustahil, yaitu yang pertama bisa dengan memberikan ijin untuk bisa diakses secara jarak jauh dengan mengubah konfigurasi cups atau dengan cara kedua yaitu memanfaatkan fitur jembatan ssh.

Metode kedua ini lebih aman dibanding medote pertama, apalagi kita mempunyai akses ssh ke client. Dan… perintahnya cukup mudah dan sederhana

buka terminal
akses :

ssh penggunaLPadmin@alamatVPN.client -T -L 3631:localhost:631

kemudian silahkan akses dari peramban anda http://localhost:3631

penggunaLPadmin ini silahkan dikondisikan pada komputer client dengan menambahkan pada grup lpadmin

sudo adduser useranda lpadmin

alamatVPN.client adalah alamat vpn client anda, misal 10.10.10.10

Selamat mencoba !

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes