MDAMT : BlankOn 2012

Inilah review Mohammad Anwari selaku Koordinator Proyek BlankOn tentang BlankOn 2012
Ada beragam kejadian seputar perkembangan BlankOn di tahun 2012. Beberapa yang berhasil saya ingat akan saya tuliskan di sini. Hal-hal tersebut dapat kita jadikan tolak ukur agar kita bersama dapat menjadi lebih baik di masa depan.
Mohon maaf bila ada yang terlewat.
Politeknik Pratama dari Purwokerto dan BIT – Inti Teknologi dari Semarang telah resmi menjadi mitra bisnis BlankOn.
Pada hari kelahiran negara kita, BlankOn 8 Rote diterbitkan dengan baik dengan arahan manajer rilis Rahman Yusri Aftian. Rilis berikutnya, BlankOn 9 ditetapkan menggunakan nama Suroboyo dan dipimpin oleh Ahmad Haris. Blankberry, edisi BlankOn untuk Raspberry-Pi berhasil dilepas ke publik.
Di bawah koordinasi Utian Ayuba, BlanKopdar 2012 digelar di Gegerbitung Sukabumi di bulan September dengan cukup berhasil dan menghadirkan pengembang-pengembang BlankOn dari berbagai penjuru nusantara.
Di bulan Oktober, Toko BlankOn resmi dibuka, dikelola oleh mitra bisnis BlankOn milik Rahman Yusri Aftian dari Gresik. Di bulan ini pula, BlankOn menerima sumbangan server baru, waljinah, yang disponsori oleh SoerabaiaNetworks.com.
Bukti kekompakan sebuah komunitas dapat dilihat saat-saat komunitas tersebut menghadapi kesulitan. Ini terjadi juga di BlankOn saat server BlankOn tertua, yeyen, mengalami kerusakan pada hard disknya. Komunitas BlankOn dibantu komunitas-komunitas lain seperti OpenSuSE Indonesia dan Ubuntu Indonesia bahu-membahu membelikan hard disk pengganti yang dikoordinasikan oleh Adrianus Yoza.

Menutup 2012, walaupun diawali dengan beragam kerumitan dan kesulitan, BlanKonf 2012 berhasil diselenggarakan di Bogor, banyak wajah-wajah baru dan bintang tamu yang hadir. Kembali, Utian Ayuba menjadi koordinator. BlankOn kembali menerima donasi, kali ini dalam bentuk sertifikat SSL dari KLAS.

Ada beberapa hal yang ingin saya lihat di tahun 2013, selain harapan-harapan yang “standar”, misalnya bertambahnya anggota tim BlankOn, ada beberapa hal khusus yang saya inginkan, di antaranya:
– Koordinasi tim yang lebih baik
– Bertambahnya mitra bisnis dengan bidang yang lebih beragam
Perlu kita segarkan ingatan dan pemahaman kita, bahwa proyek BlankOn bukan untuk menghasilkan distribusi Linux semata, tapi kita ingin menjadikan distribusi tersebut sebagai ajang berlatih dan menggodok kita untuk dapat menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang berhasil dalam konteks perangkat lunak bebas/terbuka. Ini mustahil dicapai tanpa keterlibatan kita semua. Bagi Anda yang membaca surel ini namun belum terlibat di BlankOn, dalam partisipasi sekecil apa pun, ini saatnya Anda memulai. Bila Anda sudah terlibat, mari kita sama-sama lihat kembali, apakah kontribusi kita sudah berhasil mengangkat derajat bangsa kita atau belum. Mari kita benahi bersama.
0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes