BlankOn 6 Ombilin Terbit dengan Arsitektur I386 dan AMD64

Akhirnya setelah dikerjakan selama 1 tahun BlankOn Linux 6 dengan nama rilis Ombilin telah terbit paripurna pada tanggal 5 Juli 2010 dan akan dirayakan pada acara BlanKonf #2 – Konferensi BlankOn kedua di Ubaya Surabaya.

BlankOn 6 kali ini dikawal oleh : Abu Azzam, Adang Hidayat, Ahmad Fauzi, Ahmad Haris, Ainul Hakim, Akhmat Safrudin, Andika Triwidada, Azhari Harahap, Budiwijaya, Dedy Martadinata, Fajran Iman Rusadi, Farhan Perdana, Hansen Tanjung, Muhidin, Mahyuddin Susanto, Mohammad Anwari, Muhammad Takdir, Putu Wirasmara Widya, Rahman Yusri Aftian, Ramadoni, Saatul Ihsan, Sakra Aprilia, Selamet Hanafi, Simon Liling, Utian Ayuba, Winendah Ayu

Apa yang baru ?

Aksara Nusantaraombilin
empat jenis Aksara Nusantara, yaitu Aksara Bugis, Aksara Batak Toba, Aksara Bali dan Aksara Sunda

Kamus Stardict yang mendukung penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Stardict ini juga bisa ditambah database wikipedia

Ombilin menyertakan peramban web Chromium untuk akses cepat ke website kesukaan Anda. Ringan, mudah digunakan dan aman.

BlankOn mendukung penuh terhadap dunia hiburan dan dunia desain grafis, Anda bisa menikmati menonton film, mendengarkan musik dengan Exaile serta melakukan desain grafis dengan perangkat lunak bebas/terbuka seperti gimp, inskcape, dan sebagainya.

modem USB flip-flop di mana para pengguna takut jika usb modem mereka tidak terdeteksi di berbagai macam distribusi linux. Ombilin mendukung beragam model dan merek modem USB yang beredar di tanah air sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir. Tancap modem dan Anda siap berselancar di Internet dengan Ombilin.

Ombilin menyediakan program album foto Shotwell yang memudahkan Anda dalam mengatur puluhan bahkan ratusan ribu foto digital dalam komputer Anda. Anda dapat dengan mudah pula mengirim foto-foto tersebut ke layanan album foto populer di Internet baik Flickr, Facebook, maupun Picasa.

Sejak Ombilin, lumbung paket (repository) Ubuntu tidak lagi diperlukan. Pengguna BlankOn hanya membutuhkan lumbung paket yang disediakan oleh BlankOn sendiri. Semua paket yang ada pada lumbung Ubuntu masih tersedia di lumbung BlankOn, jadi Anda sama sekali tidak perlu (bahkan tidak disarankan) untuk memasang lumbung paket Ubuntu pada instalasi BlankOn Anda.

deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon ombilin main restricted extras extras-restricted

deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon ombilin main restricted extras extras-restricted

deb http://arsip.blankonlinux.or.id/blankon ombilin-updates main restricted extras extras-restricted

Tim Pengembang BlankOn juga menyediakan lumbung paket dalam DVD yang dapat diperoleh dari alamat:

http://arsip.blankonlinux.or.id/dvdrepo/

dan bagi yg baru belajar maka bisa mempelajari Buku Panduan yang telah diikutkan di CD BlankOn atau bisa diunduh di
http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/Dokumentasi/Panduan/6

detail lihat : http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/6/CatatanRilis

Dan BlankOn pun telah muncul di berbagai media seperti :

http://distrowatch.com/table.php?distribution=blankon

http://www.detikinet.com/read/2010/07/05/163556/1393340/317/blankon-60-siap-jadi-linux-mandiri-indonesia

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes

Comments

  1. blankon 6 …ringan banget….sangat jauh lebih ringan dari wi…..7
    para pengembang semangat aja lah Abu Azzam, Adang Hidayat, Ahmad Fauzi, Ahmad Haris, Ainul Hakim, Akhmat Safrudin, Andika Triwidada, Azhari Harahap, Budiwijaya, Dedy Martadinata, Fajran Iman Rusadi, Farhan Perdana, Hansen Tanjung, Muhidin, Mahyuddin Susanto, Mohammad Anwari, Muhammad Takdir, Putu Wirasmara Widya, Rahman Yusri Aftian, Ramadoni, Saatul Ihsan, Sakra Aprilia, Selamet Hanafi, Simon Liling, Utian Ayuba, Winendah Ayu…

    kalo bisa di tambah aksara jawa…ok!!