Ubuntu Hardy dan BlankOn Lontara

Bulan April ini merupakan bulan rilisnya Ubuntu 8.04, dan sesuai perencanaan tanggal 24 April kemaren Ubuntu rilis resmi dan pemesanan CD-pun sudah dibuka atau jalur pengunduhan .iso pun sudah ada. Hardy (begitu nama kode rilis 8.04 kali ini) adalah rilis yang akan disupport panjang (LongTermSupport – LTS) sehingga benar benar diharapkan bisa digunakan oleh kalangan industri.

Hardy hadir dengan fitur yang lebih manusiawi dibandingkan rilis rilis sebelumnya (padahal juga sudah manusiawi) untuk fitur lengkapnya bisa dibaca di web Ubuntu. Dan berita lebihnya lagi adalah produk unggulan Hardy adalah Ubuntu 8.04 Server LTS for Business, walopun seri sebelumnya sudah ada namun belum di publish secara besar besaran seperti Hardy kali ini.

Dan di Indonesia, gebyar penyambutan Hardy ini juga cukup merian, dengan adanya HRP pada beberapa kota, walaopun pada tahun ini tidak serentak seperti Gutsy, namun penyambutan tetap meriah. Disisi lain ahad ini juga akan ada Seminar yang diadakan oleh KLUWEK (Kelompok Linux Cewek) yang pada kesempatan itu memang juga mengambil moment Hardy sekaligus Rilisnya BlankOn 3 beta Lontara.

BlankOnBlankOn memang pada bulan Mei 2008 akan berencana mengeluarkan rilis resminya versi 3 dengan kode Lontara. BlankOn Lontara ini berbasis pada Ubuntu 8.04, setelah tahun lalu berhasil merilis Konde (BlankOn 2) yg berbasis 7.10. Rilis BlankOn kali ini akan disambut lebih meriah dengan adanya Roadshow Linux untuk Pendidikan. BlankOn akan dijadikan distro patokan / standart dalam roadshow kali ini.

Selamat datang Hardy, dan selamat datang Lontara… semoga tahun ini adalah tahun kebangkitan bangsa ini dari keterpurukan akibat pembajakan yang tidak terencana dan cenderung mengunci kreatifitas bangsa ini. Kehadiran BlankOn semoga disambut dengan baik, khususnya di dunia pendidikan, karena di sisi pendidikan inilah sebagai pondasi awal peletakan arah dari generasi penerus kita… apakah terjajah dengan piranti lunak dengan kode sumber yang tertutup, ataukah menjadi generasi kreatif dengan berbasis pada piranti linux kode sumber yang terbuka…

semoga….

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes