Workshop BlankOn / Ubuntu di Unsoed Purwokerto

Komunitas Ubuntu Semarang kembali dimintai bantuan untuk advokasi Ubuntu, kali ini kota Purwokerto pada Ahad 2 Maret 2008. Acara yang di motori oleh EO Link ini menyelenggarakan Workshop Linux sehari, yang bertempat di Puskom Universitas Jendral Sudirman atau yang biasa di singkat Unsoed Purwokerto. Team Ubuntu Semarang yang berangkat adalah Ainul Hakim dan Chasan Dayat atas sepengetahuan Ketua.

Acara dimulai tepat pukul 8.15 yang dibuka oleh Dekan Fakultas dan Ka Puskom Unsoed. Karena para peserta adalah para guru dan staff lembaga lembaga pendidikan di Purwokerto yang selama ini memang buta sama sekali apa itu linux, maka workshop dimulai dengan presentasi apa itu Linux dan openSource, yang dilanjut dengan sedikit tanya jawab. Kemudian barulah dimulai acara workshop, pada awalnya panitia menginginkan Ubuntu, namun setelah adanya presentasi dan melihat kebutuhan dari para peserta dan kemampuan para peserta, maka BlankOn lah yang disepakati untuk di workshopkan pada acara tersebut, dengan pertimbangan bahwa BlankOn adalah masih turunan Ubuntu dan mempunya kelebihan ‘just work’ setelah instalasi, sehingga tidak perlu lagi install ini dan itu untuk kebutuhan kerja kantor para peserta.

Acara Workshop diawali dengan Panduan Instalasi BlankOn dari komputer yang sudah ada OS nya, sehingga tahapan tahapan instalasi ini perlu diperhatikan secara hati hati oleh para peserta, terutama pada saat sesi Partisi Hardisk dimana harus mengubah ukuran hardisk yang sisa / kosong untuk di jadikan sebuah partisi kosong.

Setelah instalasi selesai terlihat kebanggaan diwajah para peserta, walaupun pada saat instalasi ada beberapa kendala yaitu errornya beberapa CD installer yang kemungkinan karena kesalahan pada saat membakar atau cacat saat diperjalanan. Setelah itu langsung demo untuk mengoprex semua fasilitas dan aplikasi di BlankOn, mulai aplikasi kantor sampai pemutar musik dan film, mengubah tampilan dll.

Secara garis besar acara workshop ini disambut baik oleh pihak kampus dan peserta dan mereka mengharapkan ada event kelanjutan dari workshop ini. Ya kita tunggu gebrakan selanjutnya dari pada aktivis ITC (Information Teknologi Club) yang ada di Unsoed…. diakhir acara itu saya sampaikan sebuah harapan “Purowokerto bisa menjadi salah satu kota penyelenggara Hardy Release Party dan Lontara Release Party”

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes

Comments