Pelatihan Ubuntu Basic untuk Dosen Mipa Unnes

Kembali pihak Unnes menunjukkan keseriusannya dalam mendukung OpenSource, dengan diadakannya pelatihan Ubuntu basic untuk para dosen Mipa Kimia pada 29 November 2007. Acara dimulai pukul 9.15WIB dihadiri oleh 30 dosen dan mahasiswa Mipa dimulai dengan presentasi apa itu OpenSource, apa itu Linux, Ubuntu dan BlankOn.

Berikutnya adalah demo installasi Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon (karena yang disediakan peserta Ubuntu) versi LiveCD. Pada sesi ini sempat ada hambatan dikarenakan laptop yang digunakan demo mengalami masalah pada pembacaan cdrom (kemungkinan kotor), namun alhamdulillah setelah diganti Laptop lain acara demo instalasi berjalan lancar.

Pada demo ini kita tunjukkan bagaimana memulai menjalankan LiveCD dengan pengesetan prioritas boot ke cdrom drive, kemudian instalasi dengan meng-klik shortcut “install” pada desktop, demo mengubah ukuran partisi drive d pada windows sehingga ada partiki kosong baru sampai instalasi selesai. Acara instalasi ini tentunya dirasakan dag dig dug oleh Ibu Sri Warndani sebagai pemilik laptop yang digunakan demo… karena di drive D itu banyak data penting beliau.

Alhamdulillah setelah di restart semuanya berjalan dengan baik dan data data lama tidak mengalami masalah. Beberapa pertanyaan muncul pada acara ini diantaranya adalah “bagaimana memulai menjalankan ubuntu karena kalo di windows itukan ada tombol start”, “apakah ubuntu bisa membuka dokumen dari flashdisk yang selama ini dibuat kerja di lingkingan windows”, “apakah ubuntu/linux bisa terkena virus yang ada pada flasdisk” dll. Seru… dan benar benar masih awam itu bapak bapak dan ibu ibu dosen…. salut buat Pak Kasmui selaku koordinator acara ini sehingga linux bisa dikenalkan kepada para dosen lainnya… dan pekerjaan berikutnya menanti bagi pak kasmui karena terlihat antusiasme ibu ibu dosen untuk mencoba menginstall dan menggunakan linux di laptop mereka…yaa karena pada acara tersebut mereka masih belum berani menginstall sendiri….go go…!!

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes

Comments