Ubuntero Semarang Ngoprex Cisco

Acara yang sudah direncanakan setelah syawal ini berjalan dengan lancar dan meriah… dihadiri 18 ubuntero Semarang disamping sebagai kegiatan rutin mingguan (Ngobar – Ngoprex Bareng) juga sebagai ajang silaturahim di bulan yang Fitri ini (masih suasana lebaran).

Acara dimulai pukul 08.00 dengan tentor Dedy diawali dengan cerita sana sini dulu setelah libur lebaran, kemudian dilanjut dengan menginstall Dynagen dan Dynamips sebagai emulator Cisco yang berjalan di Linux. (ternyata sebagian besar belum berhasil menginstall sendiri di rumah…) kemudian dilanjut dengan bagaimana menggunakan tool tersebut dengan IOS, bagaimana mengeset IP address di Cisco, melakukan routing mulai dari statis routing sampai dynamic routing, RIP sampai OSPF,dan diakhiri dengan VLAN.

Acara Ngobar ini berakhir pukul 17.00 tapi dilanjut dengan Foto-foto bareng dan sharing tentang Gutsy Gibbon. (foto lengkapnya disini)

Sebagai review acara tersebut dan kedepan semoga lebih baik, berikut kendala kendala yang terlihat :

  • Peserta kurang dalam memenuhi persyaratan standart, yaitu Laptop dengan Ubuntu + Dynamips didalamnya.
  • Tutorial tentang Dynamips, khususnya spek minimal komputer / laptop yang di rekomendasikan tidak ada sehingga beberapa laptop tidak bisa digunakan. Dari melihat kinerja, spek laptop minimal yang mempunyai ram 512 M dan rekomendasinya adalah 1 Giga (untuk menjalankan 2 terminal / router)
  • Pengetahuan Dasar / Standart yang lupa diberikan pada saat sebelum Acara, jika ini ada (misal dengan memberikan link Jaringan Cisco basic) maka acara tanya jawab tentang istilah-2 jaringan standar bisa sedikit dikurangi.
  • Tidak adanya modul dalam bentuk hardcopy (tapi ok ngga masalah… lha acaranya bisa dibilang gratis,… biaya yang ada dikembalikan ke peserta untuk konsumsi), tapi kedepan ini ternyata penting juga.
0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes