Membangun Warnet Linux (Pembahasan Teknis)

preface :

Tulisan ini bentuk cicilan dari kelanjutan tulisan Membangun Warnet Linux (1) yang telah di muat di IlmuKomputer.Com. Dan tulisan ini akan full release untuk IlmuKomputer.Com dan Komunitas OpenSource di Indonesia

Dalam membangun sebuah warnet tentunya kita harus memperhatikan apasaja yang dipersiapkan dan harus ada. Tulisan ini mencoba membahas kebutuhan teknis apa saja yang diperlukan dalam membangun Bisnis Warnet berbasis Linux, yang meliputi pemilihan hardware, ruang dan interiornya, pengkabelan dan jaringan serta koneksi internet yang dipilih.

Pemilihan Hardware :
Ada beberapa kondisi pilihan hardware PC yang akan digunakan untuk Warnet berbasis Linux yang tentunya sangat dipengaruhi oleh pilihan style dan target pasar yang dipilih, apakah Warnet Sederhana dengan target pasar pendidikan dan menengah ke bawah, ataukah Warnet Lux dengan target pasar yang membutuhkan kenyamanan.

Warnet Linux Sederhana
Style warnet ini tentunya adalah lowprice dan lowcost sehingga untuk hardwarepun dipilih sehemat mungkin dengan tidak mengurangi fungsi dan aplikasi yang dibutuhkan untuk warnet. Pilihan PC berbasis PIII 600Mhz dengan ram 256 vga 16Mb dan hardisk minimum 5 Gb sangat cocok untuk style warnet ini, sehingga mampu untuk mengoperasikan Linux dengan Desktop KDE base seperti Kubuntu, Solite Linux, Vector dll
Atau bagi yang cukup berani menerima tantangan pasar bisa memanfaatkan PI atau PII dengan ram 64Mb dengan Linux DSL sebagai Desktopnya. DSL cukup handal digunakan sebagai Desktop untuk browsing download dan chatting dan sangat tidak direkomendasikan untuk aplikasi perkantoran. Jadi distro ini cocok untuk pengguna yang cuman ke warnet untuk chat dan browsing, dan email saja.

Warnet Lux Linux
Style warnet ini walaupun lowcost namun tidak lowprice karena hardware yang dibutuhkanpun lumayan tinggi namun tidak tingg-tinggi amat, Pentium Celeron 2,7Ghz atau AMD Sempron 3000 sudah cukup untuk style warnet ini, dengan ram 256 atau 512Mb sudah akan terasa kenyamanan berlinux ria seperti ketika anda memakai OS lainnya. Sehingga user sangat nyaman dalam pemakaian komputer, disamping hardware CPU perlu diperhatikan kenyamanan bilik dan kursinya, misal menggunakan sofa dengan bilik yang sedikit luas. Distro yang bisa digunakan yaitu Ubuntu, PCLos, Mandriva atau BlankOn

Ruang dan Interior

Warnet indentik dengan kenyamanan sehingga diperlukan ruangan yang nyaman dan pas untuk kebutuhan user warnet, ukuran ideal minimal 1 bilik adalah 100x130cm sehingga CPU bisa ditempatkan di tempat yang aman dan nyaman. Keamanan CPU dari jarahan user iseng memang harus diperhatikan, namun jangan sampai ‘keamanan’ hardware didalam cpu juga terabaikan. Usahakan penempatan CPU yang aman tetap memperhatikan alur udara keluar masuk CPU sehingga hardware bisa ‘bernafas dengan lega’.

Untuk Warnet Sederhana meja bisa menggunakan meja jadi dengan sedikit modifikasi partisi kanan-kiri sekaligus sebagai pelindung kabel ethernet dan listrik. Sedangkan Warnet Lux bisa memesan sesuai dengan design yang diinginkan.

Hal – hal yang harus diperhatikan pada bilik adalah

  • Keamanan CPU dan penempatannya
  • Jangkauan akses ke USB port. Disket dll
  • Letak Keyboard dan Mouse yang nyaman
  • Tempat duduk yang nyaman dan ergonomis dengan keyboard, mouse dan monitor

Hal – hal yang perlu diperhatikan lagi pada membangun sebuah warnet adalah :

  • Pemilihan koneksi (Speedy, Wireless, LeasedLine, Vsat)
  • Anggaran untuk kelistrikan dan PLN
  • Pengkabelan Jaringan
  • Server Jaringan dan server layanan jaringan (Gateway, Proxy, Filtering)
  • Mebeler / Bilik / Chamber/ Booth
  • Komputer
  • Bisnis penunjang seperti makanan dan minuman
  • Kenyamanan seperti AC, KamarMandi, RuangTunggu
  • Dana Operasional 3 bulan pertama
0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes