Membangun Warung Internet Linux di IlmuKomputer

Akhirnya tulisan Membangun WarNet Linux selesai dan telah di publish di situs Ilmu Komputer. Mudah mudahan bisa digunakan sebagai acuan bagi yang ingin membangun warnet linux.

Kekhawatiran para investor warnet akan tidak lakunya warnet mereka memang harus menjadi perhatian khusus, dikarenakan memang investasi yang diperlukan dalam membangun warnet tidaklah kecil. Tulisan ini mencoba memberikan gambaran tentang apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuat Warung Internet baik secara umum, maupun secara khusus Warung Internet Linux.

Membangun bisnis warnet bagi sebagian orang terlihat menggiurkan akan tetapi terlihat mahal dalam investasinya, apalagi dengan adanya aturan HAKI yang mewajibkan setiap software yang ada pada perangkat komputer Legal / Asli., sehingga sejak investasi awal sudah terbeban biaya pembelian software original yang hampir sama dengan harga hadware baru, tergantung software apa saja yang akan kita install pada PC. Namun jika sedikit kreatif bisa menghemat dalam pengeluaran untuk masalah software ini.

Pilihan hemat tersebut adalah menggunakan software dan OS OpenSource (System Operasi terbuka) seperti Linux pada warnet. Namun pilihan kepada Linux ini juga tidak mudah, karena memang membutuhkan kemampuan dan kemauan serta kesabaran dalam mengimplementasikannya, karena masyarakat kita yang selama ini sudah sangat bergantung dengan satu system operasi yaitu ms windows. Namun Distro (Paket Distribusi) Linux sekarang ini sudah sangat familiar dalam pengoperasionalannya, sehingga cuman dibutuhkan sedikit penyesuaian dan pembiasaan dalam menggunakannya.

Artikel di Ilmu Komputer

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes