Ngobrol Zakat Profesi

Sebenernya sudah ngantuk, tapi berhubung ada pertanyaan yaa akhirnya dijawab deh… berikut salin tempel log chat, jika ada masukan / koreksi silahkan

(20:32:02) si A: mas2, pencerahan ttg zakat profesi donk
(20:32:30) si A: bca artikel koq lain2 pendapatnya dan masing2 sama2 didasari hadis
(20:34:44) Bapak B: hmm
(20:36:20) Bapak B: secara syar’i istilah zaka profesi itu ngga ada
(20:36:59) Bapak B: yg ada hanya zakat harta dan pertanian
(20:37:46) si A: owh..zakat hrta yg pertahun itu ngitungnya mas ?
(20:37:52) Bapak B: nah itu
(20:38:07) Bapak B: jadi hasil pekerjaan itu masuknya dalam zakat harta
(20:38:17) Bapak B: dimana harus menunggu nisab dan haulnya
(20:38:52) si A: klo nisab itu perhitungannya, klo haul itu waktunya, gitu mas ?
(20:39:02) Bapak B: namun jika di qiaskan ke zakat pertanian
(20:39:06) Bapak B: itu juga ngga masuk
(20:39:16) si A: haulnya kpan tuwh ? dan nisab nya, gmn?
(20:39:22) Bapak B: karena profesi pedagang hanya dikenakan zakat harta
(20:39:29) Bapak B: haul 1 tahun
(20:40:05) Bapak B: nisab sekitar 85 gram emas
(20:40:24) Bapak B: Kamu tidak mempunyai kewajiban zakat sehingga kamu memiliki 20 dinar dan harta itu telah menjalani satu putaran haul” [Shahih Hadits Riwayat Abu Dawud].
(20:41:35) si A: emas sgram brp y?
(20:41:38) si A: 😀
(20:41:39) Bapak B: nah jika aturan zakat profesi oleh pemerintah itu ibarat hukum zakat harta karun ;))
(20:42:10) Bapak B: jadi yg pada kena zakat profesi itu dianggap nemu harta karun 😀
(20:42:35) si A: owh..
(20:42:44) Bapak B: karena kalo di qiyasken ke zakat biji2an/ pertanian pun walopun ngga menunggu haul namun harus masuk nisab dulu
(20:43:34) Bapak B: nah mengitung nisab pun itu dari sisa harta setelah diambil kebutuhan sehari hari kita
(20:43:41) Bapak B: jadi misal neh
(20:44:20) Bapak B: kamu gaji 5 jt, namun karena biaya hdup di jakarta sebulannya 4,5 juta maka yaa sama aja ngga kena kewajiban zakat
(20:44:23) si A: yuu, lanjut mas.. aq ta sambil jwabin bcr
(20:44:44) Bapak B: karena 500rb ngga masuk nisab
(20:45:28) Bapak B: harga emas sekarang ternyata hampir 330rb / gram nya
(20:46:39) Bapak B: punya simpanan setelah di kurangi biaya hidup sebesar 28 juta
(20:46:52) si A: stahun ya
(20:47:02) Bapak B: menjadi hak kita selama setahun
(20:48:10) Bapak B: jadi misal yg tadi
(20:48:18) Bapak B: masih sisa 500rb / bulan
(20:48:32) Bapak B: dalam setahun artinya punya simpanan 6 juta
(20:48:42) Bapak B: maka masih jauh di bawah nisab
(20:49:09) si A: owh…yap
(20:49:13) Bapak B: misalnya
(20:49:22) Bapak B: gaji 10 juta
(20:49:28) Bapak B: biaya hidup 4,5 juta
(20:49:28) si A: klo ada uang deposito 30 juta udh masuk ya
(20:49:32) Bapak B: sisa 6,5 juta
(20:49:38) Bapak B: 5.5 juta yaa
(20:49:52) si A: iya misalnya
(20:49:56) si A: :))
(20:49:59) Bapak B: selama 12 bulan maka = 66 juta yaa
(20:50:11) Bapak B: nah maka harta 66 juta ini masuk nisab
(20:50:45) Bapak B: maka 66 ini di simpan dan tunggu sampai 1 tahun baru dikeluarga zakatnya di tahun berikutnya sebesar 2,5%
(20:52:49) si A: owh stlh masuk nisab, slanjutnya haul
(20:53:52) si A: stlh terpenuhi nisab nya, di simpan dlu slama 1 haul
(20:54:04) si A: baru ditahun itu stlh disampan baru kena 2.5% nya
(20:54:06) Bapak B: benar
(20:55:12) si A: stlh disimpan dan blm sampe haul, tp udh berkurng sampai batas nisab g terpenuhi, itu pertanggungjawabnnya gmn mas?
(21:02:27) si A: stlh disimpan dan blm sampe haul, tp udh berkurng sampai batas nisab g terpenuhi, itu pertanggungjawabnnya gmn mas?
(21:28:07) si A telah menjauh.
(21:28:07) si A telah menjadi diam.
(21:31:23) si A tidak lagi menjauh.
(21:31:23) si A tidak lagi diam.
(21:35:36) si A telah menjauh.
(21:35:37) si A telah menjadi diam.
(21:38:01) si A tidak lagi menjauh.
(21:38:01) si A tidak lagi diam.
(21:40:49) Bapak B: artinya belum kena kewajiban zakat 😀
(21:40:54) Bapak B: karena belum mampu
(21:41:06) Bapak B: berkurang karena kbutuhan kan ?
(21:41:20) si A: emm, butuh motor
(21:41:27) si A: butuh lappi
(21:41:29) si A: dkknya
(21:43:23) Bapak B: itu termasuk kebutuhan nga ?
(21:43:35) Bapak B: atau itu termasuk harta ngga ?
(21:45:21) Bapak B: lebih tepatnya sih masuk ke kebutuhan
(21:45:34) Bapak B: karena anda beli haruslah sesuai kebutuhan
(21:45:48) Bapak B: karena islam melarang hambanya untuk berfoya2
(21:46:22) si A: yap2
(21:47:01) Bapak B: “Kamu tidak memiliki kewajiban zakat sehingga kamu memiliki 20 dinar dan harta itu telah menjalani satu putaran haul” (Shahih,HR. Abu Dawud)
(21:48:43) Bapak B: nah bagemane kalo nda pernah masuk nishab ?
(21:49:08) Bapak B: yaa artinya emang blm mampu untk zakat
(21:49:20) Bapak B: jika ingin beramal yaa pakai hukum shodaqoh
(21:49:51) Bapak B: karena walopun penghasilan sama namun beda beda dalam keperluan seseorang/keluarga
(21:50:06) Bapak B: itulah indahnya hukum Alloh
(21:50:15) si A telah menjauh.
(21:50:17) si A telah menjadi diam.
(21:51:18) Bapak B: hikmah : jadi selama harta itu masih berputar maka yaa biarlah berputar
(21:51:37) Bapak B: jika mengendap 66 juta tadi maka baru terkena zakat
(21:51:52) Bapak B: sehingga harta kaum muslimin tidak mengendap pada segelintir orang saja
(21:52:02) si A tidak lagi menjauh.
(21:52:02) si A tidak lagi diam.
(21:52:07) Bapak B: karena kalo mengendap maka kesenjangan yg terjadi
(21:59:33) si A: misal klo modal usaha, dan misal stahun sdh ada laba 30juta, dan laba itu di putarkan lagi utk menambah moda usaha lagi
(21:59:33) si A: dna jumlahnya tdk memenuhi nishab lg
(21:59:48) si A: intinya uange selalu tdk memenuhi nishab dan sblm tecapai khaul
(22:00:15) si A: 😀
(22:00:15) si A: misale entreneuere sjati,, wataknya berkembang trusss,, targetnya tinggi
(22:00:34) Bapak B: uange muter ?
(22:00:49) Bapak B: ngga mengendap kan ?
(22:00:52) si A: hu uh
(22:00:58) si A: ndax
(22:01:24) Bapak B: dari bahasan ku di atas gimana ?
(22:01:44) Bapak B: sdah di jawab keknya
(22:03:52) si A: yup2, udh mudeng mas
(22:04:07) si A: ini kan lagi ngumpul juga ama ank2
(22:04:23) si A: ada yg tnya gitu, aq udh mudeng dan qu jelasin
(22:06:37) si A: misal klo uange kan muter terus mas.. sblm uang yg muter td itu ngendon (laba2 ngumpul) ternyata ornge koid duluan
(22:06:47) si A: kan jd harta warisan tuwh
(22:07:40) si A: sblm di bagi harta itu, kena zakat duluan kan
(22:08:20) Bapak B: bentar
(22:08:39) Bapak B: sudah masuk nisab dan haul ngga sebelum orang itu meninggal ?
(22:09:17) si A: nisab udh terpenuhi tp haul blm sampi udh di buat muter lagi
(22:09:40) Bapak B: syarat keluar zakat harta adalah nisab dan haul terpenuhi
(22:10:02) si A: muter2 terus sblm haul terpenuhi. dan ternyata sampai akhir nya koid
(22:10:06) si A: owh…
(22:10:20) si A: harus dua nya terpenuhi y
(22:10:44) Bapak B: kemudian yg berhubungan dengan orang mati : tidak diterima amalan orang yg sudah mati kecuali 3 hal
(22:11:01) Bapak B: ilmu yg bermanfaat, amal jariyah selama masih hidup dan doa anak sholeh
(22:11:25) Bapak B: “Kamu tidak memiliki kewajiban zakat sehingga kamu memiliki 20 dinar dan harta itu telah menjalani satu putaran haul” (Shahih,HR. Abu Dawud)
(22:11:29) si A: iyup,,, tp status hartanya itu mas
(22:11:38) Bapak B: ya warisan
(22:12:55) Bapak B: sebenernya tidak sulit kok
(22:13:55) si A: iya sie mas,, tp kan menimbulkan pengkritisan terhadap suatu ilmu baru
(22:13:57) si A: 😀
(22:14:31) Bapak B: misal neh sang wirausahawan ini pengen zakat, maka dengan bakat dan pengetahuandia baik dari sisi pengetahuan wirausaha maupun pengetahuan akan zakat tadi seharusnya dia sudah bisa memperkirakan, mana yg kudu di zakati sehingga di simpan dan mana yg jadi modal usaha muter

(20:32:02) si A: mas2, pencerahan ttg zakat profesi donk

(20:32:30) si A: bca artikel koq lain2 pendapatnya dan masing2 sama2 didasari hadis

(20:34:44) Bapak B: hmm

(20:36:20) Bapak B: secara syar’i istilah zaka profesi itu ngga ada

(20:36:59) Bapak B: yg ada hanya zakat harta dan pertanian

(20:37:46) si A: owh..zakat hrta yg pertahun itu ngitungnya mas ?

(20:37:52) Bapak B: nah itu

(20:38:07) Bapak B: jadi hasil pekerjaan itu masuknya dalam zakat harta

(20:38:17) Bapak B: dimana harus menunggu nisab dan haulnya

(20:38:52) si A: klo nisab itu perhitungannya, klo haul itu waktunya, gitu mas ?

(20:39:02) Bapak B: namun jika di qiaskan ke zakat pertanian

(20:39:06) Bapak B: itu juga ngga masuk

(20:39:16) si A: haulnya kpan tuwh ? dan nisab nya, gmn?

(20:39:22) Bapak B: karena profesi pedagang hanya dikenakan zakat harta

(20:39:29) Bapak B: haul 1 tahun

(20:40:05) Bapak B: nisab sekitar 85 gram emas

(20:40:24) Bapak B: Kamu tidak mempunyai kewajiban zakat sehingga kamu memiliki 20 dinar dan harta itu telah menjalani satu putaran haul” [Shahih Hadits Riwayat Abu Dawud].

(20:41:35) si A: emas sgram brp y?

(20:41:38) si A: 😀

(20:41:39) Bapak B: nah jika aturan zakat profesi oleh pemerintah itu ibarat hukum zakat harta karun ;))

(20:42:10) Bapak B: jadi yg pada kena zakat profesi itu dianggap nemu harta karun 😀

(20:42:35) si A: owh..

(20:42:44) Bapak B: karena kalo di qiyasken ke zakat biji2an/ pertanian pun walopun ngga menunggu haul namun harus masuk nisab dulu

(20:43:34) Bapak B: nah mengitung nisab pun itu dari sisa harta setelah diambil kebutuhan sehari hari kita

(20:43:41) Bapak B: jadi misal neh

(20:44:20) Bapak B: kamu gaji 5 jt, namun karena biaya hdup di jakarta sebulannya 4,5 juta maka yaa sama aja ngga kena kewajiban zakat

(20:44:23) si A: yuu, lanjut mas.. aq ta sambil jwabin bcr

(20:44:44) Bapak B: karena 500rb ngga masuk nisab

(20:45:28) Bapak B: harga emas sekarang ternyata hampir 330rb / gram nya

(20:46:39) Bapak B: punya simpanan setelah di kurangi biaya hidup sebesar 28 juta

(20:46:52) si A: stahun ya

(20:47:02) Bapak B: menjadi hak kita selama setahun

(20:48:10) Bapak B: jadi misal yg tadi

(20:48:18) Bapak B: masih sisa 500rb / bulan

(20:48:32) Bapak B: dalam setahun artinya punya simpanan 6 juta

(20:48:42) Bapak B: maka masih jauh di bawah nisab

(20:49:09) si A: owh…yap

(20:49:13) Bapak B: misalnya

(20:49:22) Bapak B: gaji 10 juta

(20:49:28) Bapak B: biaya hidup 4,5 juta

(20:49:28) si A: klo ada uang deposito 30 juta udh masuk ya

(20:49:32) Bapak B: sisa 6,5 juta

(20:49:38) Bapak B: 5.5 juta yaa

(20:49:52) si A: iya misalnya

(20:49:56) si A: :))

(20:49:59) Bapak B: selama 12 bulan maka = 66 juta yaa

(20:50:11) Bapak B: nah maka harta 66 juta ini masuk nisab

(20:50:45) Bapak B: maka 66 ini di simpan dan tunggu sampai 1 tahun baru dikeluarga zakatnya di tahun berikutnya sebesar 2,5%

(20:52:49) si A: owh stlh masuk nisab, slanjutnya haul

(20:53:52) si A: stlh terpenuhi nisab nya, di simpan dlu slama 1 haul

(20:54:04) si A: baru ditahun itu stlh disampan baru kena 2.5% nya

(20:54:06) Bapak B: benar

(20:55:12) si A: stlh disimpan dan blm sampe haul, tp udh berkurng sampai batas nisab g terpenuhi, itu pertanggungjawabnnya gmn mas?

(21:02:27) si A: stlh disimpan dan blm sampe haul, tp udh berkurng sampai batas nisab g terpenuhi, itu pertanggungjawabnnya gmn mas?

(21:28:07) si A telah menjauh.

(21:28:07) si A telah menjadi diam.

(21:31:23) si A tidak lagi menjauh.

(21:31:23) si A tidak lagi diam.

(21:35:36) si A telah menjauh.

(21:35:37) si A telah menjadi diam.

(21:38:01) si A tidak lagi menjauh.

(21:38:01) si A tidak lagi diam.

(21:40:49) Bapak B: artinya belum kena kewajiban zakat 😀

(21:40:54) Bapak B: karena belum mampu

(21:41:06) Bapak B: berkurang karena kbutuhan kan ?

(21:41:20) si A: emm, butuh motor

(21:41:27) si A: butuh lappi

(21:41:29) si A: dkknya

(21:43:23) Bapak B: itu termasuk kebutuhan nga ?

(21:43:35) Bapak B: atau itu termasuk harta ngga ?

(21:45:21) Bapak B: lebih tepatnya sih masuk ke kebutuhan

(21:45:34) Bapak B: karena anda beli haruslah sesuai kebutuhan

(21:45:48) Bapak B: karena islam melarang hambanya untuk berfoya2

(21:46:22) si A: yap2

(21:47:01) Bapak B: “Kamu tidak memiliki kewajiban zakat sehingga kamu memiliki 20 dinar dan harta itu telah menjalani satu putaran haul” (Shahih,HR. Abu Dawud)

(21:48:43) Bapak B: nah bagemane kalo nda pernah masuk nishab ?

(21:49:08) Bapak B: yaa artinya emang blm mampu untk zakat

(21:49:20) Bapak B: jika ingin beramal yaa pakai hukum shodaqoh

(21:49:51) Bapak B: karena walopun penghasilan sama namun beda beda dalam keperluan seseorang/keluarga

(21:50:06) Bapak B: itulah indahnya hukum Alloh

(21:50:15) si A telah menjauh.

(21:50:17) si A telah menjadi diam.

(21:51:18) Bapak B: hikmah : jadi selama harta itu masih berputar maka yaa biarlah berputar

(21:51:37) Bapak B: jika mengendap 66 juta tadi maka baru terkena zakat

(21:51:52) Bapak B: sehingga harta kaum muslimin tidak mengendap pada segelintir orang saja

(21:52:02) si A tidak lagi menjauh.

(21:52:02) si A tidak lagi diam.

(21:52:07) Bapak B: karena kalo mengendap maka kesenjangan yg terjadi

(21:59:33) si A: misal klo modal usaha, dan misal stahun sdh ada laba 30juta, dan laba itu di putarkan lagi utk menambah moda usaha lagi

(21:59:33) si A: dna jumlahnya tdk memenuhi nishab lg

(21:59:48) si A: intinya uange selalu tdk memenuhi nishab dan sblm tecapai khaul

(22:00:15) si A: 😀

(22:00:15) si A: misale entreneuere sjati,, wataknya berkembang trusss,, targetnya tinggi

(22:00:34) Bapak B: uange muter ?

(22:00:49) Bapak B: ngga mengendap kan ?

(22:00:52) si A: hu uh

(22:00:58) si A: ndax

(22:01:24) Bapak B: dari bahasan ku di atas gimana ?

(22:01:44) Bapak B: sdah di jawab keknya

(22:03:52) si A: yup2, udh mudeng mas

(22:04:07) si A: ini kan lagi ngumpul juga ama ank2

(22:04:23) si A: ada yg tnya gitu, aq udh mudeng dan qu jelasin

(22:06:37) si A: misal klo uange kan muter terus mas.. sblm uang yg muter td itu ngendon (laba2 ngumpul) ternyata ornge koid duluan

(22:06:47) si A: kan jd harta warisan tuwh

(22:07:40) si A: sblm di bagi harta itu, kena zakat duluan kan

(22:08:20) Bapak B: bentar

(22:08:39) Bapak B: sudah masuk nisab dan haul ngga sebelum orang itu meninggal ?

(22:09:17) si A: nisab udh terpenuhi tp haul blm sampi udh di buat muter lagi

(22:09:40) Bapak B: syarat keluar zakat harta adalah nisab dan haul terpenuhi

(22:10:02) si A: muter2 terus sblm haul terpenuhi. dan ternyata sampai akhir nya koid

(22:10:06) si A: owh…

(22:10:20) si A: harus dua nya terpenuhi y

(22:10:44) Bapak B: kemudian yg berhubungan dengan orang mati : tidak diterima amalan orang yg sudah mati kecuali 3 hal

(22:11:01) Bapak B: ilmu yg bermanfaat, amal jariyah selama masih hidup dan doa anak sholeh

(22:11:25) Bapak B: “Kamu tidak memiliki kewajiban zakat sehingga kamu memiliki 20 dinar dan harta itu telah menjalani satu putaran haul” (Shahih,HR. Abu Dawud)

(22:11:29) si A: iyup,,, tp status hartanya itu mas

(22:11:38) Bapak B: ya warisan

(22:12:55) Bapak B: sebenernya tidak sulit kok

(22:13:55) si A: iya sie mas,, tp kan menimbulkan pengkritisan terhadap suatu ilmu baru

(22:13:57) si A: 😀

(22:14:31) Bapak B: misal neh sang wirausahawan ini pengen zakat, maka dengan bakat dan pengetahuandia baik dari sisi pengetahuan wirausaha maupun pengetahuan akan zakat tadi seharusnya dia sudah bisa memperkirakan, mana yg kudu di zakati sehingga di simpan dan mana yg jadi modal usaha muter

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes

Comments