Tahun Baru Mari Bermuhasabah

Detik, menit, jam, hari, pekan, bulan telah silih berganti, tak terasa ternyata sebentar lagi Tahun Baru akan segera menghampiri kita, mengurangi waktu dan kesempatan kita untuk menimba bekal dan ampunan untuk akhirat kita kelat.  Perlahan namun pasti… waktu akan terus berjalan.

“Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran. (QS. 103:1-3)

Manusia memang akan dalam kerugian… terkecuali orang orang yg oleh Alloh telah diberitakan, yaitu orang orang yang beramal sholeh, nasehat menasehati dalam kebaikan dan nasehat menasehati dalam kesabaran.

Sudahkah kita termasuk dalam golongan yang oleh Alloh dimaksukkan dalam kategori orang yang tidak merugi ???  Yang tau adalah Alloh dan dirikita… marilah momentum tahun baru ini kita jadikan sebagai waktu untuk bermuhasabah, untuk menghisab diri kita, bercermin pada apa yang telah kita lakukan untuk akhirat kita, sehingga pada tahun ini kita menjadi lebih baik dari pada satu tahun kebelakang, sehingga kita bukan termasuk “innsana lafi khusrin”.

Sesungguhnya saya sangat prihatin melihat para muda mudi justru berhura hura di tahun baru mereka, mereka justru menutup tahun dengan bermaksiat dan mengawali tahun baru mereka dengan bermaksiat pula.. sesungguhnya orang yang pada hari ini lebih buruk dari hari kemaren adalah orang orang yang celaka, sedangkan jika hari ini sama dengan hari kamaren termasuk orang yang merugi.

Mari wahai saudaraku.., menyambut tahun baru 1 muharram 1429H kita sambut dan isi dengan muhasabah dan azzam untuk lebih baik daripada tahun lalu.  Mari kita kembali buka lembaran – lembaran panduan hidup kita… Al Quran dan Assunnah

Bismillah…

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes