Sweping di mulai lagi…

rekans warnetters…

terutama yang di Semarang

Aparat di Semarang sekarang ini sudah mulai lagi melakukan sweping software ilegal bertajuk Operasi HAKI Candi 2007, dan alhamdulillah mereka sekarang bekerja serius dan manusiawi, ini juga saya alami di warnet saya di kawasan banyumanik… mereka datang dengan sopan dan langsung menanyakan lisensi…
Berhubung kami tidak punya lisensi yaa terpaksa kami harus mengatakan kami tidak punya lisensi…
karena kami pakai linux….
rupanya aparat sudah punya pengetahuan apa itu linux sehingga tidak melanjutkan pertanyaannya , cuman dengan legowo kami persilahkan aparat untuk memeriksa pc kami, dan salah satu dari mereka memeriksanya. Setelah 10 menit akhirnya sang komandan operasi menanyakan bagaimana hasilnya… dijawab oleh yang memeriksa bahwa memang tidak ada masalah di warnet kami tersebut.
dan setelah itu beliau beliau aparat pamit…(ini kejadian hari jum`at)

next day warnet kami kebanjiran orang yg mo training linux dan copy cd linux, sehingga baru sempet posting hari ini…

kemaren (senin)
saya kebetulan menengok staff saya yang sedang melakukan migrasi salah satu warnet di kawasan tlogosari setelah hari ahadnya meminta kami untuk memigrasikan warnet mereka… tepat disebelahnya ternyata ada warnet baru yg memang bener bener baru buka hari senin tersebut, namun malang tak dapat di raih… sore harinya warnet tersebut langsung didatangi aparat… dan setelah beberapa lama di periksa dan aparat pergi… warnet tersebut tutup.
Jadi mohon berikanlah informasi yang jelas dan akurat… jangan maen lempar sembunyi tangan… dan bertujuan untuk memancing mancing flame… jika memang rekan rekan punya bukti, silahkan di share di milis ini dengan meninggalkan identitas yang jelas dan data yang akurat… atau silahkan share ke pengurus awari jika memang anda merasa dirugikan dan memang anda sudah LEGAL.

Dan bagi warnetters semuanya…
Mohon untuk segera BE LEGAL…
InsyaAlloh usaha anda lebih barokah… dan kedepan bisnis industri warnet ini akan lebih maju dengan orang orang yg kreatif didalamnya dan memang bener bener berbisnis yang sehat… tidak yang selama ini terjadi… yaitu bisnis tidak sehat, pakai ilegal software, dan bisa banting harga seenaknya dikarenakan mereka tidak memikirkan investasi software….

jangan salah …. semuanya butuh investasi yang harus dihitung costnya…
kalo pakai M$ butuh investasi duit… sedangkan Linux butuh investasi SDM… nah silahkan pilih… investasi yang manakah yang layak anda jual untuk warnet anda…

simple…
mulai dari warnet sendiri, mulai dari yang terkecil dan mulai dari sekarang

Ainul Hakim
AWARI korwil Semarang

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes

Comments

  1. sy rasa mmg kita harus mencari os alternatif selain miclosoft, karena kita punya kebebasan untuk memilih. Tapi bagaimana dengan file2 mp3,ogg,mpeg dan file audio dan video lainnya. Soalnya info yang sy dapat file2 audio dan video juga ikut disweeping, Wah bisa sepi nih warnet jika tidak ada musik (kebetulan buka warnet di semarang). Bagaimana ini…?? Apa wis rak keblabasan iki…..

  2. “…jangan salah …. semuanya butuh investasi yang harus dihitung costnya…
    kalo pakai M$ butuh investasi duit… sedangkan Linux butuh investasi SDM… nah silahkan pilih… investasi yang manakah yang layak anda jual untuk warnet anda…”

    Setuju bahwa warnet yang ingin menggunakan Linux pun harus mengalokasikan biaya dalam anggaran investasinya. Biaya tersebut umumnya biaya pelatihan operator (bersifat relatif), biaya ad-print buku quick manual, biaya promosi, dan biaya modal awal untuk pelatihan untuk orang umum.

  3. ” Linux punya lisensi -> GPL ”

    yup betul mas… dalam konteks cerita diatas aparat menanyakan lisensi COA / MSRA nya ms… sehingga jawabannya “kami tidak punya lisensi…[1]”
    karena kami pakai linux…[2]

    penjelasan :
    1. yg dimaksud … lisensi ini adalah COA / MSRA Ms
    2. … disini sambil kami menerangkan Linux yang kami pakai berlisensi GPL.

    tx atas perhatiannya